5 Tips Manajemen Keuangan Agar Bisnis Menjadi Sukses Bagi Pemula

5 Tips Manajemen Keuangan Agar Bisnis Menjadi Sukses Bagi Pemula

Selain kerja keras dan doa, sebuah usaha juga membutuhkan bagaimana cara kita mengelola usaha tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Cara mengelola keuangan dari kegiatan usaha merupakan hal paling prinsip yang sering kali kita abaikan.

Nah, agar ketika membuka usaha kita mendapatkan keberhasilan bukan kegagalan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Na, selengkapnya mengenai bagaimana mengelola keuangan bisnis agar bisa mencapai sukses, simak ulasan berikut.

5 Tips Manajemen Keuangan Agar Bisnis Menjadi Sukses Bagi Pemula
5 Tips Manajemen Keuangan Agar Bisnis Menjadi Sukses Bagi Pemula

Pentingnya Pengelolaan Keuangan

Dalam sebuah usaha atau bisnis, pengelolaan keuangan berperan penting. Hal ini perlu diterapkan dalam usaha yang berskala besar maupun usaha kecil menengah. Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa kesuksesan sebuah usaha ditentukan dari banyaknya modal yang dimiliki. Jangan salah, suksesnya sebuah usaha ditentukan oleh ketepatan dalam manajemen keuangan.

5 Tips Manajemen Keuangan Agar Bisnis Menjadi Sukses Bagi Pemula:

  • Tentukan Alokasi Dana untuk Usaha

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kunci suksesnya suatu usaha atau bisnis adalah pengelolaan keuangan. Nah, dalam pengelolaan keuangan ini, Anda harus memperhatikan modal membangun usaha. Dimana modal yang digunakan sekitar 50% dari dana yang anda alokasikan. Modal ini digunakan untuk menyewa ruko, membeli alat peralatan yang dibutuhkan dan kebutuhan awal lainnya.

Selain itu, dibutuhkan juga modal untuk mengembangkan usaha sekitar 15-20% sisa modal untuk mengembangkan usaha anda tersebut. Terakhir, dibutuhkan juga dana cadangan sekitar 30% modal Anda sisihkan sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu diperlukan untuk perkembangan bisnis Anda.

  • Pisahkan Uang Pribadi dan Usaha

Memisahkan uang pribadi dan usaha merupakan hal yang penting untuk dilakukan untuk perkembangan bisnis Anda. hal ini dilakukan bukan untuk maksud lain, kecuali untuk menghindari agar Anda tidak menggunakan uang usaha untuk keperluan lain. Intinya, Anda harus bisa mengendalikan diri untuk menjadikan hasil usaha sebagai pengembangan usaha Anda.

  • Buat Catatan Pembukuan Keuangan Usaha

Catatan pembukuan keuangan untuk mengontrol jalannya sebuah usah tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis yang besar, namun bisnis yang kecil juga membutuhkannya. Mencatat keluar masuknya uang setiap harinya merupakan fungsi utama dari catatan pembukuan. Selain itu, fungsi dari catatan keuangan yaitu agar tidak ada uang yang terselip sepersen pun.

  • Kontrol Arus kas

Bagi pembisnis pemula, pastinya hanya berpusat untuk meraih keuntungan semata. Sebenarnya hal ini tidak baik untuk dilakukan. Anda juga perlu untuk memperhatikan hutang, piutang dan persediaan barang. Dari berbagai kasus, banyak para pengusaha yang mengalami kesulitan dalam mengontrol arus kas, meskipun catatan dalam pembukuan menunjukkan angka yang baik.

  • Hitung Secara Teliti Keuntungan yang Diperoleh

Tujuan utama seseorang membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan. Yang menjadi pertanyaan, apakah Anda mengetahui berapa keuntungan yang sudah diperoleh?

Sangat penting bagi para pengusaha untuk menghitung keuntungan dengan teliti. Dalam menghitung keuntungan, bagian yang paling sulit adalah menghitung biaya-biaya yang sudah dan akan anda keluarkan.

Salah satu yang bisa mempengaruhi suksesnya sebuah usaha yaitu bagaimana cara mengelola keuangan yang baik. Mengelola uang ini memang tidak mudah. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan, disarankan untuk menggunakan aplikasi seperti paper.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *