5 Tips Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

Apakah saat ini Anda ingin memiliki bisnis dengan modal kecil? Jika Anda menjawab ‘Ya’ maka bisnis franchise adalah salah satu jawabannya. Memang menemukan usaha waralaba yang ‘pas’ dengan Anda bukanlah hal yang sederhana. Namun, dengan beberapa upaya yang jeli kemungkinan besar kita akan menemukan waralaba yang pas dengan minat dan kemampuan.waralaba

Mengapa memilih bisnis waralaba?

Alasannya adalah karena bisnis ini biasanya sudah memiliki standar yang jelas, sudah terkonsep dengan baik, dan punya ukuran yang jelas dalam hal operasional dan pemasarannya. Berbeda bila Anda membangun bisnis sendiri dari nol, tentunya akan sangat repot, apalagi bila Anda tidak punya pengalaman dalam dunia usaha. Juga ada sistem akuntansi yang jelas sehingga ada bagi hasil yang konsisten untuk para pemegang brand dan pebisnis. Untuk urusan tata kelola akuntansi dipercayakan pada softwareindonesia.id

Waralaba Murah Bukan Berarti Murahan

Memang ada saja yang beranggapan bahwa besarnya modal adalah ukuran kesuksesan sebuah bisnis. Faktanya, banyak bisnis modal kecil yang bisa meraup sukses di pasar Indonesia, termasuk bisnis waralaba. Namun, tetap saja kita sebagai calon pengusaha yang akan membeli waralaba murah harus berhati-hati dalam memilih brand yang akan kita beli hak dagangnya.

Belajar dari orang-orang yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam membeli waralaba adalah langkah awal yang bagus untuk dilakukan. Berikut ini adalah 5 tips memilih bisnis waralaba modal kecil tapi punya potensi yang menjanjikan:

1. Perhatikan Lama Berdirinya Brand Waralaba

Bisnis yang berhasil melalui masa-masa sulit di beberapa tahun pertama sejak berdiri kemungkinan besar akan memiliki peluang sukses di masa mendatang. Semakin lama usia sebuah brand waralaba, maka semakin banyak pula pengalamannya dan terbukti sebagai bisnis yang bisa bertahan. Bisnis yang bisa bertahan lama bisa dipastikan sebagai bisnis yang cukup menguntungkan.

2. Perhatikan Popularitas Brand Waralaba

Coba Anda perhatikan bagaiaman popularitas brand waralaba yang akan Anda beli dengan cara melakukan riset kecil-kecilan. Berapa banyak mitra yang sudah bergabung dengan usaha waralaba tersebut? Bila mitra waralaba sudah mencapai minimal 50 gerai, maka bisnis franchise tersebut sudah masuk dalam kategori bisnis yang baik dan akan terus berkembang.

Selain itu, perhatikan juga apakah brand waralaba tersebut cukup dikenal masyarakat? Brand yang cukup populer di kalangan masyarakat menandakan bahwa produk dari waralaba tersebut sudah dipercaya dan punya market yang cukup besar.

3. Menguji Produk Waralaba

Untuk membuktikan bahwa produk waralaba dipercaya dan disukai oleh masyarakat, Anda perlu mengujinya sendiri. Belilah produk waralaba tersebut sebagai sample, lalu berikan kepada sahabat atau tetangga Anda untuk menanyakan pendapat mereka mengenai produk tersebut.

Jika sebagian besar orang yang Anda berikan sample produk menyukainya, berarti produk dari waralaba tersebut memang bagus. Namun sebaliknya, bila sebagian besar orang yang Anda berikan sample produk kurang menyukai produk tersebut, maka sebaiknya Anda tidak usah membeli brand waralaba tersebut.

4. Brand Waralaba Punya Strategi Marketing

Pastikan bahwa si pemiliki waralaba memiliki konsep pemasaran untuk brand yang diusung. Mengapa? Biasanya pemilik waralaba lebih fokus ke promosi brand waralaba-nya, bukan produknya saja. Semakin gencar promosi yang dilakukan maka brand waralaba tersebut akan semakin terkenal. Pada akhirnya, ketika brand waralaba tersebut sudah terkenal maka dengan sendirinya bisnis waralaba Anda akan ikut mendapatkan keuntungan.

5. Murah Bukan Berarti Segalanya

Sebagai seorang calon pebisnis, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Jangan sembarangan memilih waralaba karena harganya yang murah, ini bisa jadi jebakan bagi Anda sendiri.

Bisnis franchise murah bukan jaminan bahwa bisnis tersebut bebas dari resiko, dan waralaba mahal bukan berarti menguntungkan. Intinya, kita harus selektif dalam memilih waralaba yang akan dibeli dengan modal yang kecil karena ini akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda nantinya.

Tips di atas juga bisa digunakan untuk memilih peluang usaha rumahan dengan modal kecil dan punya potensi keuntungan jangka panjang. Modal besar tidak selalu menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah usaha, namun kerja keras dan konsistensi seorang wirausahawan lah yang menentukannya.

Di atas tadi adalah lima poin penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membeli sebuah waralaba murah. Walaupun dengan modal kecil, selama kita menjalankan bisnis waralaba tersebut dengan memperhatikan poin-poin di atas, kemungkinan besar bisnis tersebut akan bisa berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *