metode sterilisasi dengan direbus

Mengenal Macam Metode Sterilisasi Alat – Alat Operasi Rumah Sakit

Alat – alat operasi merupakan salah satu alat medis yang wajib dilakukan sterilisasi. Pasalnya, alat ini digunakan secara continue (terus menerus), bukan merupakan alat kesehatan sekali pakai. Dalam proses sterilisasinya, alat operasi dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, meskipun demikian beberapa metode sudah ditinggalkan karena kurang efektif.

Berikut ini sedikit kami ingin membahas mengenai macam – macam metode sterilisasi alat – alat operasi di rumah sakit ataupun klinik, baik yang sudah tidak digunakan ataupun yang sekarang digunakan. Setidaknya ada tiga metode yang akan kita bahas pada artikel ini. Berikut ulasannya :

Macam Metode Sterilisasi Alat Operasi

# Boiling

Boiling atau merebus merupakan salah satu metode sterilisasi alat – alat operasi yang dilakukan. Namun metode ini untuk sekarang mungkin sudah tidak digunakan lagi. Namun begitu, penulis tidak dapat memastikan secara pasti, bisa jadi di daerah lain metode ini masih digunakan.

Metode Boiling atau rebus dilakukan dengan merebus alat – alat operasi pada wadah (panci atau tempat lain) dengan menggunakan api hingga mendidih dan kemudian dapat dicampur dengan zat kimia tertentu untuk lebih efektif.

# Panas Kering

Metode sterilisasi menggunakan panas kering ada dua macam. Dibakar secara langsung kemudia menggunakan radiasi panas yang dipancarkan dari sebuah sumber panas dalam alat. Cara yang kedua inilah yang sekarang ini banyak dilakukan. Adapun cara pertama saya kira sudah tidak digunakan lagi untuk saat ini.

Metode sterilisasi dengan panas kering dilakukan dengan menggunakan alat yang sering disebut dengan sterilisator kering / dry heat sterilizer. Alat ini dilengkapi dengan pemancar sumber panas radiasi dari sinar infra merah bersuhu tinggi.

# Panas Uap

Metode berikutnya yaitu metode panas uap. Yaitu proses sterilisasi yang dilakukan dengan uap panas. Metode ini dilakukan dengan menggunakan autoclave. Yaitu sebuah alat sterilisasi yang didesain untuk sterilisasi dengan metode uap bertekanan. Alat ini berbentuk seperti panci kukus yang dilengkapi dengan tutup yang kuat, timer, penunjuk teknanan, dan katup pengatur tekanan. Proses sterilisasi alat operasi menggunakan metode ini dirasa paling efektif karena dapat membasmi mikro organisme hingga ke spora nya.

Nah demikian tadi tiga macam metode sterilsiasi alat – alat operasi yang digunakan dan yang sudah tidak digunakan saat ini. Informasi penting untuk anda yang sekarang ini sedang membutuhkan alat – alat sterilisasi untuk rumah sakit dan atau klinik, anda bisa kunjungi website resmi distributor autoclave indoensia di alamat website www.jualautoclave.com. Dapatkan produk yang anda inginkan dengan harga terbaik dan bersahabat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *