pengertian sleep apnea

Apa Itu Sleep Apnea ? Baca Selengkapnya Di Sini

Sleep apnea (apnea tidur) adalah gangguan serius pada pernafasan yang terjadi ketika tidur, dimana saluran udara terhambat karena dinding teggorokan yang menyempit dan mengendur. Ketika kita tidur, otot-otot tenggorokan akan lemas dan mengendur.

Ada dua macam gangguan pernafasan pada penderita apnea tidur, yaitu apnea dan hipopnea. Hipopnea terjadi ketika saluran udara menyusut hingga lebih dari 50 % dan bisa mengakibatkan nafas menjadi lambat dan pendek. Biasanya hipopnea terjadi selama 10 detik.

Sedangkan apnea terjadi apabila seluruh saluran udara terhambat sekitar 10 detik. Saat apnea, kadar oksigen dalam darah akan menurun sehingga otak memerintahkan kita untuk bangun dan berusaha bernafas kembali. Sepanjang malam, penderita apnea tidur bisa mengalami hipopnea dan apnea secara berulang-ulang.

Apnea tidur dibagi menjadi 3 jenis yaitu apnea tidur obstruktif, kompleks dan sentral. Apnea tidur obstruktif adalah jenis gangguan pernafasan yang umum terjadi, dimana otot tenggorokan mengendur. Sedangkan apnea tidur terjadi ketika otak tidak mengirim sinyal dengan baik pada otot yang mengatur pernafasan. Sementara, apnea tidur komplek adalah kombinasi antara apnea tidur obstruktif dan apnea tidur sentral.

Penyebab Sleep Apnea

Ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan resiko anda mengalami apnea tidur:

  • Jenis kelamin, apnea tidur cenderung terjadi pada laki-laki
  • Memiliki leher yang besar, ukuran leher yang lebih dari 43 cn lebih beresiko terkena apnea
  • Obesitas, adanya lemak berlebihan pada jaringan lunak leher dan perut dapat menganggu pernafasan anda.
  • Mengkonsumsi minuman keras, jika kebiasaan ini dilakukan sebelum tidur akan meperburuk apnea tidur dan dengkuran anda.
  • Merokok, merokok bisa meningkatkan resiko inflamasi dan penumpukan cairan pada saluran pernafasan atas.

Pengobatan Sleep Apnea

Pengobatan apnea tidur dapat dilakukan berdasarkan kondisi dan keparahan yang dialami. Untuk apnea tidur yang ringan, penanganan yang disarankan adalah mebgubah gaya hidup, jika panea tidur yang dialami merupakan tingkat sedang dan parah, maka akan memerlukan terapi menggunakan beberapa alat diantaranya :

1. CPAP ( Continous Positive Airway Pressure)

CPAP adalah alat yang digunakan untuk meniupkan udara bertekanan positif ke dalam hidung atau kedalam hidung dan mulut. Udara bertekanan positif ini akan mencegah tenggorokan menutup dan membantu meredakan gejala-gejala yang muncul akibat apnea tidur. Untuk mendapatkan alat CPAP anda bisa membelinya di toko alat kesehatan. Biasanya disana jual CPAP dengan beberapa merk dan spesifikasi tertentu. Silahkan anda konsultasikan dengan dokter anda.

2. BiPAP ( bilevel Positive Airway Pressure)

Alat ini digunakan untuk membuat tekanan udara saat menarik nafas menjadi lebih tinggi, kemudian tekanan tersebut diturunkan saat mengeluarka nafas. Yang bertujuan untuk membantu penderita apnea tidur sentral yang mengalami pola pernafasan lemah.

3. MAD( Mandibular Advancement Device)

Alat ini didesain untuk menahan lidah dan rahang untuk mencegah pen yempitan pada saluran pernafasan yang menyebabkan seseorang mendengkur. Alat ini dipakai diatas gigi pada saat penderita tidur. Alat ini dapat digunakan untuk orang yang tidak bisa menggiunakan alat CPAP, walaupun tidak disarankan untuk penderita apnea tidur yang parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *